Minggu, 10 Mei 2020

Pengalaman Organisasi di Teknik Geologi, Teknik, dan UGM


Halo kamu! Lagi cari info dan cerita tentang perkuliahan di Teknik Geologi UGM kah? Bisa jadi kamu di tempat yang tepat hehe. Tapi aku hanya akan menceritakan pengalaman yang kudapat saja ya selama kuliah di Departemen Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.

(setelah ini berisi info penting tidak penting sih, yang mau baca monggo yang tidak langsung skip saja)
Sekilas info saja ya, kalo di Fakultas Teknik UGM program studi itu berada dibawah departemen dan departemen itu berada di bawah fakultas. Jadi bisa jadi satu departemen itu terdiri dari 2-3 program studi, misalnya DTNTF (Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika). Jadi DTNTF itu terdiri dari 2 program studi (prodi), yaitu Teknik Nuklir dan Teknik Fisika. Dan kebetulan program studi Teknik Geologi berada dibawah Departemen Teknik Geologi langsung hehe .

Lalu, apa saja yang kulewati selama kuliah di Teknik Geologi UGM?

Jawabannya banyak banget. Kali ini aku mau fokus cerita tentang kegiatan non akademiknya dulu ya.
Sebenarnya dulu aku sempat cerita juga tentang mata kuliah yang dipelajari di Teknik Geologi, mungkin lebih mirip daftar mata kuliah yang ditawarkan di Yang Dipelajari di Teknik Geologi UGM

Dimulai dari setelah dinyatakan diterima di program studiku sekarang, aku mengikuti orientasi pengenalan kampus yang namanya PPSMB Palapa.

Cerita lengkapnya lihat di Cah Sragen di PPSMB PALAPA 2016

Seusai PPSMB, angkatan termuda langsung diminta untuk mengurus Kartu Rencana Studi (KRS). Kartu rencana studi ini berguna untuk merencanakan mata kuliah apa saja yang akan kita ambil di tiap semesternya. Maksimal sks yang bisa diambil adalah 24 sks setiap semester (termasuk mata kuliah dan mata kuliah praktikum). Dalam mengurus KRS ini kita perlu konsultasi dengan Dosen Pembimbing Akademik (DPA) terlebih dahulu. Hal itu penting, supaya kita yang masih maba dan yang pikirannya masih polos banget itu bisa punya bayangan kuliah kita semester depan akan seperti apa. Saranku, bangun relasi yang baik sama DPA karena akan sangat membantu. Setelah disetujui DPA, KRS bisa langsung diverivikasi lewat platform urusan akademik UGM (kalau dulu seringnya di PALAWA, mulai tahun 2019 pindah ke SIMASTER). Selepas itu langsung kuliah.

Tahun pertama kuliah rasanya membuatku ingin mencoba semua kegiatan yang kubisa. Mulai dari organisasi di tingkat Teknik Geologi yaitu Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG FT UGM), tingkat Fakultas Teknik, sampai unit kegiatan mahasiswa tingkat universitas.

Awal mula kesibukanku dimulai dari mengikuti kaderisasi di himpunan. Semester pertama, angkatan termuda dikader untuk menjadi seseorang yang kuat secara fisik dan mental. Aku dan angkatanku juga diajari untuk selalu kompak dan saling peduli antar teman satu angkatan. Di akhir semester satu sekitar bulan Desember, kami mengikuti sebuah diklat (pengenalan dasar lapangan) yang diadakan oleh HMTG beserta Departemen Teknik Geologi. Pengalaman luar biasa kudapat dari sini, dimana aku diajari untuk tetap bertahan sekuat tenaga ditengah segala keterbatasan. Terbatas air minum, terbatas tenaga, dan terbatas lainnya. Tapi dari sini aku mendapkan pelajaran penting. Hidup ini keras, jadi sebisa mungkin buatlah dirimu sekuat mungkin. Sekeras mineral silika, yang tidak bakal lapuk karena hujan, tidak terbakar karena sinar matahari.


Di semester pertama aku hanya fokus ikut kaderisasi masuk himpunan saja, karena ya memang time managementku masih sangat kurang. Belum berani mengambil tanggungjawab lebih hehe.

Lanjut di semester 2, bersyukurnya kali ini sudah jadi anggota HMTG hehe (sudah masuk himpunan). Aku masuk di Divisi/Departemen Sosial HMTG FT UGM, karena ya suka sama kegiatan sosial. Sepertinya aku menemukan duniaku di situ. Ketika ada suatu hal yang bisa kulakukan ditengah-tengah masyarakat dan aku bisa memberi dampak buat sekitarku, ada sebuah kebahagiaan tersendiri. Bagiku, itulah yang seharusnya jadi kewajiban kita sebagai manusia yang katanya makhluk sosial. Berdampak. Tapi berdampak kan caranya bermacam-macam, jadi yaa selamat mencari dan menjalani jalanmu hehe.

Di sela-sela aktivitas Himpunan, Departemen juga mengadakan event tahunan yaitu GEOWEEK. GEOWEEK ini acara kolaborasi terbesar antara HMTG dan Departemen Teknik Geologi. Dalam satu minggu ada beberapa event yang berlangsung seperti LCCK Kebumian untuk SMA, Seminar Nasional Kebumian, dan masih banyak event menarik lainnya.

Selain aktif di Divisi Sosial HMTG, aku juga ikut berpartisipasi menjadi pengurus di Persekutuan Mahasiswa Kristiani Teknik UGM (PMKT UGM). PMKT UGM itu termasuk organisasi tingkat Fakultas Teknik. Dua target organisasiku tercapai. Saat itu aku mulai pelayananku dari Komisi Sarana dan Prasarana (KOMSAR). Dari 3 anggota KOMSAR, aku satu-satunya perempuan. Dua lainnya laki-laki, namanya Pierse (Teknik Mesin) dan Samuel (Teknik Kimia). Meskipun awalnya diam-diaman dan malu-malu, lama-kelamaan kami jadi lumayan akrab hehe. Satu hal yang aku dapat dari pelayananku di KOMSAR adalah jangan menganggap suatu pekerjaan mudah, mengurusi peminjaman ruang dan menata ruangan untuk ibadah itu bukan pekerjaan mudah. Perlu ada koordinasi dan kolaborasi juga. Di PMKT UGM ini aku meneruskan pelayanan hingga tingkat akhir (semester 8).

Semester 3-5 aku mulai ikut terlibat dalam kegiatan semi-relawan yang tergabung dalam Unit Kesehatan Mahasiswa UGM (UKESMA UGM). UKESMA ini unit kegiatan yang bergerak dibidang penelitian, pendidikan, dan bantuan kesehatan. Intinya, unit kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan di UGM itu namanya UKESMA. Benar, mirip PMR kalo di SMP-SMA dan KSR (tingkat universitas). UKESMA ini skalanya tingkat universitas. Dari sini, aku belajar untuk bekerja sama secara profesional dan maksimal untuk mahasiswa dan masyarakat luas. Tidak membedakan orang yang ditolong, karena kaitannya dengan keselamatan orang lain. Disini benar-benar diajari untuk lebih terbuka atas perbedaan yang ada, karena organisasi tingkat universitas itu kumpulan dari mahasiswa fakultas lain yang punya sistem pemikiran yang lain juga. Ini benar, kadang ketika anak teknik ketemu anak fisipol bisa jadi tidak nyambung. Tapi disini aku belajar untuk beradaptasi dan lebih terbuka.

Semester 6-7 sedikit banyak aku mengurangi kegiatan organisasi dan event karena satu dan lain hal. Dan hanya berfokus pelayanan di PMKT UGM sebagai anggota Komisi Pemerhati (KOMHAT) dan Bendahara Desa Binaan HMTG FT UGM. Dan saat itu masih ada tanggungan Lomba PHBD (Program Hibah Bina Desa 2019) dari KEMENRISTEKDIKTI. 


Meskipun sudah mengurangi aktivitas tapi tetap saja, sedikit capek juga. Ditambah dengan padatnya kegiatan akademik geologi yang mengharuskan adanya praktikum di lapangan juga. Capeknya semakin menjadi-jadi. Tapi aku percaya semuanya tidak ada yang sia-sia. Pasti ada sesuatu yang dihasilkan dari setiap hal yang aku lakukan.

Dan ya itu cerita perjalanan organisasiku selama kuliah di Teknik Geologi UGM. Setiap orang punya ceritanya masing-masing. Ceritaku bisa jadi berbeda dengan teman angkatanku.

Dari ceritaku yang panjang ini, kuharap kamu bisa belajar sesuatu ya, iya kamu yang baca tulisanku ini. kalau ada yang tertarik dengan Teknik Geologi atau Geografi mungkin kita bisa diskusi lebih lanjut hehe J

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo diskusi bareng, sebisa mungkin akan kubalas kok :)