Jumat, 26 Januari 2018

Yang Dipelajari di Teknik Geologi UGM

Ya meskipun hitungannya saya masih tergolong angkatan muda di semester 4 ini sudah berani menulis tentang apa saja yang dipelajari di geologi, sebenarnya lebih ke bohong kalau saya belum tau apa saja yang akan dipelajari di geologi. Jadi ya, saya disini berusaha menceritakan kembali pengalaman yang sudah saya alami agar tidak begitu menyesatkan hehe.
Pernah kebayang ndak apa yang dipelajari saat teman-teman kuliah atau belajar di jurusan Geologi atau Teknik Geologi? Kalau jurusan Pertambangan atau jurusan Perminyakan kan sudah jelas yang dipelajari masalah yang sudah khusus dan jelas. Nah, kalau geologi atau teknik geologi ini yang dipelajari masih umum (luas). Dasar dari pertambangan dan perminyakan pun dipelajari di geologi, semua hal yang berkaitan dengan bumi dipelajari di geologi. Mulai dari batuannya, fosilnya, mineralnya, struktur yang nampak hingga bentuk morfologi di permukaan bumi pun dipelajari. Semuanya yang berkaitan dengan bumi akan dipelajari lebih lanjut lagi di geologi.
Maka dari itu, di geologi kuliahnya banyak praktik lapangannya. Ngambil data di lapangan kemudian dianalisis dan diinterpretasi. Ya, melulu interpretasi karena sebenarnya sepenangkapanku yang menjadi focus kuliah saya selama ini adalah menceritakan apa yang terjadi pada bumi sehingga bisa jadi seperti sekarang ini? Dasarnya? Ya melalui data lapangan tadi.
Oke kembali ke apa yang menjadi dasar mengapa saya menulis ini.

Semester 1
Geologi Dasar
Geomorfologi
Paleontologi
Kristalografi dan Mineralogi
Matematika Dasar 1
Fisika Dasar 1
Kimia Dasar
Bahasa Inggris


Semester 2
Geologi Struktur
Sedimentologi
Petrologi
Mineralogi Optik
Kimia Fisika
Fisika Dasar 2
Matematika Dasar 2
Konsep Keteknikan untuk Peradaban


Semester 3
Matematika Geologi
Prinsip Stratigrafi
Geokimia
Petrografi
Geologi Penginderaan Jauh
Statistika
Kewarganegaraan
Teknik Penulisan dan Presentasi Ilmiah


Semester 4
Geofisika Eksplorasi 1
Geologi Lingkungan
Geoinformasi
Metoda Geologi Lapangan
Petrologi Batuan Beku dan Metamorf
Vulkanologi
Stratigrafi Analisis
Paleontology Analisis

Sementara ini saya baru sampai semester 4, ya jadi itu tadi mata kuliah wajib yang bisa diambil di 4 semester pertama saat kuliah. Banyak? Biasa aja kok, santai aja ndak usah tegang. Awalnya saya juga melongo karena melihat banyaknya mata kuliah yang harus diambil sekaligus praktikumnya cukup melelahkan hehee.
Sebenarnya, berat tidaknya suatu hal tergantung kita yang memandangnya seperti apa. Sama seperti mata kuliah sekaligus praktikumnya itu, berat tidaknya tergantung bagaimana kita memandang mereka. Apa yang kita pikirkan, itulah yang akan terjadi. Sama seperti kata Rondha Boyle dalam bukunya Secret, apa yang ada di pikiran kita, itulah yang akan terjadi, semesta akan mendukung segala hal yang kita pikirkan karena dunia ini punya hukum tarik-menarik.

Referensi
Byrne, Rondha. 2006. Secret
2016. Buku Panduan Akademik Program Studi S1 Teknik Geologi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo diskusi bareng, sebisa mungkin akan kubalas kok :)