Senin, 21 Januari 2019

Dealing With Our Self Even It's Hard To Do


Semuanya perlu diperjuangkan, hidup ini perlu untuk diperjuangkan


Sebelumnya bisa baca dulu How to Forgive When It Seems Impossible
Mbak Dea, 2018
Bagaimana cara kita sebagai manusia agar bisa berguna bagi orang lain?

Kita harus punya goal atau tujuan, kita hidup ini mau ngapain? Ingin berdampak apa buat lingkungan sekitar kita sendiri?

Langkah pertama adalah mencari tujuan. 

Selanjutnya mikir, mau lewat jalan yang seperti apa supaya tujuan kita itu bisa tercapai. Langkah terakhir adalah eksekusi.

Ada beberapa pesan juga dari Mbak Dea
Selama masih muda, maksimalkan diri dalam beberapa hal;
1. Investasi pengalaman sebanyak-banyaknya. Tenaga orang muda jauh lebih besar dibanding orang tua, rasa keingintahuan seorang muda juga pastinya lebih besar berbanding lurus dengan rasa malas yang suka hinggap ndak kenal waktu. Itulah tujuannya agar kita bisa mengesampingkan rasa malas kita agar tujuan hidup kita tercapai. Selagi masih ada tenaga dan ada kesempatan untuk ikut kegiatan, langsung tancap gas pol aja.

2. Eksekusi, manfaatkan setiap kesempatan yang ada. Jangan sampai terlewat, setiap kesempatan sangat berharga untuk dilewatkan begitu saja.

3. Saat akan lebih berfokus pada tujuan, selanjutnya adalah memilah-milah pengalaman yang sesuai dengan minat kita serta selaras dengan tujuan hidup kita. Jadikan itu sebagai granat yang siap meledakkan sasaran.

4. Saat berproses, jangan bandingkan diri kalian dengan orang lain. Setiap orang punya timezone nya masing-masing. Jangan iri atau sedih ketika orang lain bisa mendapatkan tujuan hidup mereka lebih dulu dibanding kita, mereka pasti juga mengupayakan segalanya agar bisa mencapai tujuan tersebut, sama seperti kita. Intinya fokus pada tujuan masing-masing. :)

Kenali diri sendiri. Bisa dilakukan dengan analisis SWOT, berisi analisis Strongs, Weakness, Opportunities, dan Threats. 


Kalau kita gagal? Ingat tujuan awal, coba lagi esok hari. Jangan pernah berhenti untuk mencoba selagi masih ada waktu. Ingat poin sebelumnya? Selalu manfaatkan kesempatan yang ada. Seorang yang sukses belum tentu bisa sukses kalo mereka sudah menyerah duluan saat pertama kali mengalami kegagalan. Pantang menyerah! Itu kuncinya. :)

Baca juga Sembuh dan Bangkit dari Rasa Sakit serta Kekecewaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo diskusi bareng, sebisa mungkin akan kubalas kok :)