Minggu, 24 Maret 2019

How to Love Yourself


Bagaimana cara mencintai diri sendiri? Langkah awal apa yang harus dilakukan? Apakah saya sudah cukup mencintai diri saya sendiri? Pertanyaan demi pertanyaan muncul semakin bertambahnya usia saya dan semakin banyak masalah yang datang dalam hidup saya. Alasan paling kuat yang membuat saya sampai mencari jawaban lewat buku dan mesin pencari internet adalah supaya saya tetap sehat secara mental dan tidak terkena depresi :’)

Dan hasil dari pencarian saya tersebut berujung pada video Mbak Muril dan Mbak Morin di youtube. Berikut ini adalah beberapa poin dan penjelasan singkat tentang bagaimana menyayangi diri sendiri versi Mbak Muril dan Mbak Morin J

1.    Buat peraturan untuk diri sendiri. Untuk apa kita melakukan hal ini dan itu, apa keuntungan dan kerugian yang ditimbulkan terhadap diri sendiri. Salah satu contoh aplikasinya adalah setiap kita punya hak untuk berteman dengan siapa pun, apabila punya sosial media dan ternyata punya teman yang cukup banyak di sosial media lihat komentar positifnya saja atau kalau perlu block/unfollow akun yang mendatangkan dampak buruk buat kita, dan yang paling penting adalah jangan membandingkan diri kita dengan orang lain. Setiap orang punya waktu dan kesempatannya masing-masing, lakukan setiap hal yang menjadi bagian kita dan Tuhan akan melakukan bagian-Nya.

2. Menulis hal-hal yang disukai dan tidak disukai dari diri kita sendiri, baik strength maupun personality kita yang diungkapkan oleh orang lain. Menulis hal yang tidak kita sukai tentang diri kita sendiri supaya dengan terus mengungkapkan hal-hal yang tidak kita sukai tersebut kita bisa belajar untuk menerimanya bahkan hingga tergerak untuk memperbaiki kekurangan kita tersebut.

3.    Merencanakan rutinitas yang positif.
Merencanakan di sini dapat dimulai dengan hal-hal sederhana selepas bangun tidur di pagi hari. Bisa diawali dengan menulis buku diary atau buku yang berisi hal-hal yang bisa kita syukuri pada hari itu, hal ini sebenarnya bertujuan untuk memfokuskan pikiran kita untuk memikirkan hal-hal positif dalam menjalani hari itu.

Yang kedua adalah meditasi, memberi waktu 5-30 menit untuk diri kita sendiri duduk diam dan merasakan tubuh kita, memfokuskan pada diri kita untuk mendengarkan apa yang sebenarnya kita butuhkan (Muril, 2019). Banyak kasus di mana kita malah cenderung jadi budak pikiran kita sendiri karena terlalu banyak menuntut ini dan itu pada diri sendiri, mirip budak proker :’)
Dengan meditasi kita juga jadi tahu apa yang mau kita lakukan apa yang harus kita lakukan, apa yang harus kita lakukan/reaksi kita terhadap pikiran kita sendiri. Meditasi ini bertujuan untuk membantu mengontrol pikiran kita.

4.   Self-care, merawat diri sendiri merupakan salah satu langkah nyata dalam menyayangi diri sendiri. Dengan merawat diri kita sendiri secara otomatis kita pasti menyayangi tubuh kita, ingin tubuh kita sehat dan terawat. Contoh nyatanya bisa seperti bangun pagi, meditasi sampai maskeran, intinya melakukan apa saja yang membuat diri kita luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo diskusi bareng, sebisa mungkin akan kubalas kok :)