Senin, 15 April 2019

Menabung Itu Menyenangkan!

Source : Dokumentasi Pribadi

Sempat merasa bahwa uang begitu cepat habisnya. Iya, lebih cepat habis daripada terkumpulnya. Sebagai seorang mahasiswa yang mengandalkan uang saku dari orang tua, sudah pasti hal ini sangat terasa. Hal itulah yang mendorong saya untuk mulai menabung. Sejak dari TK saya diajarkan untuk selalu menabung. Berapapun uang yang dimiliki, harus ada yang ditabung, baik itu 3/4 nya 1/2 nya atau semuanya (alias puasa ndak beli apa-apa).

Pernah suatu kali, saat saya masih SMP, saya dan Mas saya berlomba untuk menabung untuk membeli sesuatu yang ingin kami beli waktu itu. Saya menabung untuk membeli sepeda, sedangkan Mas saya menabung untuk membeli gitar. Durasi kami menabung dibatasi 6 bulan kalau tidak salah, mulai dari Juli sampai Desember 2011. Kebetulan waktu itu mendekati bulan puasa, jadi saya dan Mas bisa menghemat biaya jajan di sekolah waktu itu. Selain itu, kami berdua juga mendapat sumber pemasukan dari saudara jauh yang main ke rumah. Full bulan puasa itu saya ndak jajan apa-apa, begitupun yang Mas. Kami cukup menghemat uang jajan harian kami selama sebulan waktu itu.

Selepas bulan puasa, memasuki bulan-bulan biasanya. Kami mulai minta dibawakan bekal dari rumah (ini murni inisiatif kami sendiri supaya hemat ndak makan di kantin). Kebiasaan itu berjalan 1 semester hingga bulan Desember. Memasuki akhir bulan Desember kami berdua memutuskan untuk sama-sama menghitung hasil tabungan kami selama 6 bulan. Puji Tuhan tabungan saya genap untuk membeli sepeda yang saya inginkan sejak dulu. Mas juga begitu, Mas bisa membeli gitar incarannya sejak lama. Berkat adanya tabungan, kami berdua bisa ikut merasakan bagaimana bahagianya membeli barang yang diinginkan dengan usaha sendiri (menabung). Dan dapat merasakan sulitnya mengumpulkan uang untuk membeli sebuah barang, sehingga saya dan Mas bisa lebih menghargai barang-barang yang kami miliki. Terlebih hasil dari usaha menabung kami sendiri.

Dari pengalaman menabung itu sendiri, saya bisa menyimpulkan bahwa dalam proses menabung ada beberapa hal yang perlu kita tetapkan terlebih dahulu :

1. Tujuan
Untuk apa kita menabung dan mengumpulkan uang? Apa yang ingin kita lakukan setelahnya? Hal ini perlu supaya semangat kita untuk menabung tetap menyala. Tetap bersemangat karena punya tujuan yang jelas.

2. Batas Waktu
Beri batasan waktu dalam menabung dan lamanya kita menabung. Hal ini berguna untuk memperjelas kapan kita harus membongkar dan berhenti menabung untuk suatu tujuan. Tahu kapan harus benar-benar menabung dengan serius karena deadline nya jelas.

3. Target
Target hasil tabungan menurut saya juga penting untuk ditentukan sejak awal. Hal ini yang bisa menjadi dasar berapa uang yang seharusnya kita tabung dalam sehari atau seminggu. Sehingga semuanya pasti.

Dan satu hal yang saya percaya, menabur sedikit asalkan rutin dan tekun. Lama-lama pasti akan menjadi bukit. Semuanya tergantung dari kemauan kita sendiri. Seberapa bulat tekad kita untuk mencapai tujuan kita? Dan saya semakin yakin setelah membaca salah satu artikel yang menurut saya, sangat sesuai dengan diri saya yaitu tulisan dari Mbak Dewi Puri di moneysmart.id. Sungguh sangat menginspirasi saya. Teman-teman bisa langsung melihat tulisan Mbak Dewi Puri di sini.

#MoneySmartMenginspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo diskusi bareng, sebisa mungkin akan kubalas kok :)