Senin, 06 Januari 2020

Langkah Siapku Menghadapi Tahun Baru

Selamat Tahun Baru 2020!!
Tahun 2019 memang tahun terkeos sela 21 tahun aku hidup. Tahun paling menguras tenaga dan emosi jiwa. Tepat diumur yang udah kepala 2, udah punya tanggungjawab sendiri untuk semua pilihan yang diambil. Merupakan tahun terakhir aku dimasa kuliah (amin). 2019 mengharuskanku untuk mempersiapkan segala sesuatu yang akan aku tempuh kedepannya nanti. 

Meskipun banyak rencana dan resolusi yang kupersiapkan di tahun sebelumnya, namun eksekusinya tidak semua rencana tersebut dapat kuusahakan semaksimal mungkin. Secara garis besar targetku di tahun 2019 ada 3 yaitu sehat jasmani, sehat rohani, dan sehat secara keuangan. Sehat jasmani berhasil kuterapkan, dapat dilihat dari performa dan intnsitas sakit yang kurasakan di tahun 2019. Sehat rohani tidak terlalu bisa kucapai dengan maksimal, pasalnya kesehatan mentalku benar-benar ambyar di tahun 2019. Banyak permasalahan yang datang, masalah di skripsi, organisasi, pelayanan, juga datang dari keluarga. Secara keuangan aku juga tidak bisa maksimal, I'm stressed for all problem that comes to me, and I can't solve my financial problem, I don't get the way to change it as soon that year.

Ehmm...

Kebetulan minggu ini adalah awal tahun, aku pengen bikin refleksi diri di tahun 2019 dan menentukan langkah apa yang bisa kulakukan di 2020 (tahun ini) supaya hidupku lebih bermakna. Menurutku tidak ada kata terlambat sih supaya bisa berubah, jadi mau kapan aja kita menentukan untuk berubah pasti bisa kok, asal niatnya kuat.

Sekarang, aku mau evaluasi dulu gimana sih hidupku di tahun 2019 kemarin? Aku mulai bertanya pada diriku sendiri mengenai hal-hal seperti dibawah ini. Pertanyaan dibawah ini kubuat sesuai dengan resolusi tahun 2019 yang kurencanakan sebelumnya. Okee, here we go, let's anwer the questions one by one!

Sudahkan aku menyayangi diriku sendiri?
Sudahkah aku mengutamakan diriku sendiri sebelum mengutamakan orang lain?
Sudahkah aku melakukan evaluasi harian?
Sudahkan aku membuat catatan berisi rasa syukurku tiap harinya?
Sudahkan aku rutin melakukan olahraga atau minimal yoga tiap pagi setelah bangun tidur?
Sudahkah aku menggunakan waktuku secara maksimal?
Sudahkah aku berhasil mengontrol emosiku saat menghadapi masalah?
Sudahkah aku mengatur keuanganku secara maksimal?
Bisakah aku menabung?
Sudahkah aku menjaga pola makanku?

Setelah menjawab masing-masing pertanyaan itu. Aku bisa menarik kesimpulan, apakah aku berhasil atau justru tidak menghasilkan perubahan yang berarti.

Selanjutnya, di tahun 2020 ini. Aku akan berusaha untuk memperbaiki hal-hal yang belum bisa kumaksimalkan di tahun 2019. Apa itu?

Rahasiaaa :p
Nanti akan kuceritakan kalo sudah tercapai yaa hehe

Hehe

Lanjut ya, sebenernya hal yang ingin sekali kubagikan disini adalah penting bagi masing-masing kita untuk mengetahui pencapaian apa saja yang telah kita dapatkan. Tidak harus pencapaian besar, bisa mengubah rutinitas bangun siang jadi bangun lebih pagi itu juga termasuk pencapaian yang luar biasa. Seberapa kecil perubahan yang kita lakukan, wajib kita syukuri. Karena hidup kita juga merupakan anugerah, sudah sewajarnya kita bersyukur. 

Selanjutnya adalah penting untuk mengevaluasi bagaimana kita hidup setiap harinya, bagaimana kita melewati satu tahun masa hidup kita. Apakah kita bisa menikmatinya atau justru kita merasa tertekan? Setelah itu kita bisa merencanakan segala sesuatu yang ingin kita perbaiki dari tahun sebelumnya di tahun depan.

Itu saja cerita singkatku di pergantian tahun ini. Kuharap siapapun kamu yang membaca ini, selalu dilingkupi sukacita senantiasa. Selalu sayangi dirimu, karena kalo bukan kamu yang sayang siapa lagi? Mengharapkan manusia itu tidak akan ada habisnya. Perbanyak doa dan jagalah kesehatanmu. Siapapun kamu, tolong tetap berjuang untuk hidup yaa! Hidup ini anugerah Tuhan yang sangat luar biasa. Badan boleh capek, lesu, lemas, tapi semangat jangan dan tetaplah ceria.

Karena..
Hati yang gembira adalah obat yang manjur dan semangat yang patah keringkan tulang.

Angkat suaramu, ukir senyummu!

Selamat tahun baru 2020!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo diskusi bareng, sebisa mungkin akan kubalas kok :)