Senin, 06 September 2021

Aplikasi untuk Mempermudah Measured Section (MS)

Berkat mata kuliah Teknik Penulisan dan Presentasi Ilimiah saya seakan tercerahkan oleh dosen saya Pak Ferian Anggara yang saat itu beliau menyinggung tentang penggunaan software maupun aplikasi gratisan yang mampu mendukung dalam pengolahan data-data geologi. Saat kuliah berlangsung yang saya lakukan seperti biasanya adalah speechless ada ya aplikasi yang kayak gitu? atau ada ya orang se canggih bapaknya? (maklum lah ya sini kan masih newbie masalah geologi-geologi an dan emang dasarnya sini itu orangnya gumunan heehe)

Saat itu yang sedang hangat-hangatnya sehingga membuat semangat angkatan saya terbakar (ini lebih ke hectic sih sebenernya) adalah MS mandiri praktikum prinsip stratigrafi yang sudah menjadi momok kami saat maba karena dapet bocoran dari kating kalo nantinya lembar MS nya bias nyampe 10 meter! atau bahkan pas dijereng di KPFT bias dari ujung ke ujung lagi! Panjang ndak itu? Bayangin sendiri wkwk

Menurut pemaparan beliau, ada aplikasi yang bisa memudahkan kami/kita lah ya biar kalian dianggap juga hehe, dalam membuat kolom litologi secara cepat dan mudah hanya modal data pengukuran sama litologi serta struktur nya aja udah jadi itu nanti. Nama aplikasinya itu adalah SedLog. Kita bisa dengan mudah mendapatkannya lewat internet dengan mengunduhnya. Tersebar banyak kok jadi ndak usah khawatir yaa.

Awalnya aku juga bingung mau download lewat mana tapi pas habis googling dikit sama search di youtube bentar akhirnya nemu deh.

O iya, meskipun ada aplikasi seperti ini, tapi ada baiknya kita juga tahu cara bikin kolom litologi yang baik dan benar ya lewat baca buku dan dari internet juga banyak. Meskipun ada banyak software dan aplikasi yang bias mempercepat dan memudahkan pekerjaan kita namun akan lebih baik apabila user lebih pintar daripada software yang digunakan. Ndak malu sama aplikasi? Masak lebih pintar aplikasinya daripada user nya? hehe :)

Kemarin dapet wangsit dari senior gini katanya
"Be smarter than your smartphone"
Ya intinya sama sih sebenarnya, kita sebagai manusia yang merupakan pencipta alat seharusnya lebih pintar daripada alat yang kita ciptakan itu.

Ini ada video hasil nemu dari youtube




Sumber :
Kuliah TPPI bersama Pak Ferian Anggara
http://www.sedlog.com/
https://www.youtube.com/watch?v=q2GsVcjrgUY

2 komentar:

  1. bang, cara instal nya gimana, kok saya instal gk bisa di buka bang ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Unknown, kamu sudah download drive nya dari http://www.sedlog.com/ kah? Pastikan juga kamu download drive sesuai sama operating system yang kamu gunakan yaa. Kebetulan juga itu software nya bisa di run di Windows 95, 98, ME, NT, 2000, XP, Vista, 7, 8, 10, mac OS, dan linux.

      Hapus

Ayo diskusi bareng, sebisa mungkin akan kubalas kok :)