Jumat, 14 Juli 2017

VISI & MISI MENJADI SEORANG INSINYUR


Sebagai seseorang mahasiswa yang saat ini sedang menjalani perkuliahan atau menimba ilmu di bidang teknik geologi di salah satu Universitas di Daerah Istimewa Yogyakarta yang termasuk dalam kategori Universitas terbaik se-Indonesia, saya memiliki suatu cita-cita yang cukup sesuai dengan prospek kerja yang dimiliki oleh disiplin ilmu yang saya pelajari ini. Selain menjadi seorang geologist, saya juga memiliki keinginan atau cita-cita untuk menjadi seorang insinyur dengan berkbekalkan pengetahuan keteknikan yang saya peroleh di Fakultas Teknik ini.

Untuk menjadi seorang insinyur, saya memiliki visi dan misi sendiri yang saya jadikan pedoman dalam kehidupan saya, baik itu sebagai pedoman untuk melakukan suatu hal atau untuk memutuskan sesuatu. Visi saya adalah terus berbagi pengalaman serta pengetahuan dengan sesama manusia dan mengurangi dampak buruk yang kemungkinan dapat diterima atau diperoleh oleh orang-orang disekitar saya, membantu orang-orang disekitar saya tanpa mengharapkan imbalan atau timbal balik yang setimpal dengan hal-hal yang telah saya lakukan atau berikan kepada mereka.

Ingin lulus dari perkuliahan tepat pada waktunya, saya tidak terlalu menargetkan waktu kapankah saya harus sudah lulus atau kapankah saya harus sudah memiliki pekerjaan. Saya ingin menikmati masa perkuliahan dengan rileks tetapi juga sungguh-sungguh sehingga saya dapat lulus tepat pada waktunya dan memiliki bekal ilmu dari disiplin ilmu yang saya pelajari sebelumnya (ilmu kebumian) yang matang sehingga saya dapat menjadi insinyur yang baik dan bertanggung jawab atas keputusan yang saya ambil. Memajukan pemanfaatan teknologi di Indonesia demi kelancaran pembangunan di Indonesia.

Ikut berperan dalam memajukkan pembangunan di Indonesia baik dari segi ekonomi, infrastruktur maupun pemerintahan sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara umum dan dapat sedikit meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang ekonomi. Selain itu saya ingin merancang sesuatu yang dapat digunakan oleh banyak orang dan yang terpenting dapat berguna terutama dapat meringankan beban pekerjaan serta memperkecil usaha yang dikeluarkan untuk bekerja.

Misi saya adalah dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungan kampus (Fakultas Teknik), saya memulai dari lingkup yang kecil terlebih dahulu karena menurut saya, lebih baik mengenal orang-orang terdekat kita terlebih dahulu sebelum keluar dari zona nyaman kita, contoh nyatanya adalah ikut berkontribusi aktif di dalam himpunan mahasiswa. Dengan demikian, secara langsung saya dapat mengenal banyak orang atau mahasiswa dari Universitas serta Departemen (Jurusan) yang sama sehingga ketika saya mengalami kesulitan dalam hal akademik, saya dapat meminta bantuan kepada teman-teman atau kakak tingkat tanpa merasa sungkan karena sudah saling kenal. Mempererat komunikasi serta persaudaraan juga dapat diawali dengan menerapkan 5S, 5S meliputi senyum, sapa, salam, sopan, dan santun. Di Departemen tempat saya belajar (Departemen Teknik Geologi) pelaksanaan 5S berjalan cukup baik, sikap seperti ini baik dilakukan dan hasilnnya adalah setiap orang di Departemen dapat saling kenal dan saling bertegur sapa layaknya keluarga.

Membangun relasi dengan orang-orang disekitar sehingga saya dapat menjadi orang yang mudah bersosialisasi serta berorganisasi dengan siapa saja. Hal ini dapat memudahkan kegiatan saya saat saya menjadi seorang insinyur kelak.

Menjalankan tugas-tugas saya sebagai seorang insinyur sesuai dengan langkah kerja serta syarat-syarat yang diperlukan untuk menjadi seorang insinyur yang baik, bertanggung jawab penuh atas proyek kerja atau rencana kerja yang telah dirancangkan untuk dikerjakan, mengupayakan kinerja yang maksimal dalam pelaksanaan dari rencana kegiatan yang akan dilakukan. Sebagai awal untuk mempersiapkan diri saya, saya melatih diri saya dengan bertanggung jawab dalam suatu hal atau kegiatan yang diamanahkan kepada saya untuk dijalankan dan selalu jujur dalam segala hal serta menyadari kapasitas diri sendiri atau mulai mengenali diri sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo diskusi bareng, sebisa mungkin akan kubalas kok :)