Sabtu, 21 November 2015

Rancangan Penelitian Sosial


PENGARUH FACEBOOK DAN TWITTER TERHADAP
MINAT BELAJAR SISWA


I.             LATAR BELAKANG PENELITIAN
Saat ini dunia maya sangat mewabah dikalangan remaja terutama kalangan siswa Sekolah Menengah Atas. Salah satu penyebabnya adalah adanya alat komunikasi dalam dunia maya atau biasanya kita kenal dengan nama jejaring sosial, antara lain: twitter, facebook, e-mail, yahoo massanger, dan lain-lain. Facebook  dan Twitter adalah  salah satu situs jaringan sosial yang paling digemari di dunia telah memikat hati para penggunanya.

Siswa Sekolah Menengah Atas biasanya selalu ingin mencari hal-hal yang baru. Mereka seakan tidak ingin ketinggalan zaman, sehingga mereka mudah menerima hal-hal yang baru tanpa memikirkan dampaknya.  Remaja dan anak-anak pada dasarnya adalah pihak yang masih memerlukan arahan, tuntunan, bimbingan, panduan, dan pengawalan dari  pihak- pihak seperti orangtua, guru, dan pelaku pendidikan anak.

Di SMA NEGERI 1 Sragen, sering kita jumpai siswa yang sedang mengakses facebook dan twitter. Apalagi ketika tidak ada kegiatan belajar mengajar di kelas. Mungkin hanya sedikit yang tidak mengaksesnya. Apakah kondisi ini akan terus berlanjut? Mengapa mereka sering kali mengkses facebook dan twitter ketika saat belajar?

II.          RUMUSAN MASALAH
1.    Apakah facebook dan twitter mempengaruhi minat belajar siswa?
2.    Apakah faktor penyebab siswa lebih suka bermain facebook dan twitter daripada belajar?
3.    Apakah dampak positif dan dampak negative facebook dan twitter bagi siswa?
4.    Bagaimana cara menanggulangi siswa yang kecanduan facebook dan twitter?

III.      TUJUAN PENELITIAN
1.         Mengetahui pengaruh facebook dan twitter terhadap minat belajar siswa.
2.        Mengetahui faktor penyebab siswa lebih suka bermain facebook dan twitter daripada   belajar.
3.         Mengetahui dampak positif dan dampak negative facebook dan twitter.
4.         Mengetahui cara menanggulangi siswa yang kecanduan facebook dan twitter.

IV.      MANFAAT PENELITIAN
1.        Bahan referensi agar menggunakan facebook dan twitter secara bijak, baik dalam hal waktu dan apa yang dibuka.
2.        Informasi bagi guru dalam rangka meningkatkan peranannya untuk memotivasi belajar siswa guna mencapai prestasi yan baik.


V.          TINJAUAN KEPUSTAKAAN
Pengertian Teknologi Informasi
Menurut Williams dan Sawyer (2003) teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalurkomunikasi yang membawa data, suara ataupun video.
Sedangkan pengertian lainnya teknologi informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara. dan video. Contoh TI bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga, dan piranti genggam modern (misal ponsel).

Pengertian Facebook
Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya.

Sejarah Facebook
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School diluncurankan pertama kali pada 4 februari dan awalnya hanya untuk siswa Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.
Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat email universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.
Selanjutnya Facebook dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat email apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Pengertian Twitter

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.

Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.

Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".

Sejarah Twitter

Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaansendiri pada bulan April 2007.

Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.

Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru.

VI.      HIPOTESIS
Jabaran Variabel Penelitian
Variabel dalam penelitian ini adalah :
·         Variabel bebas : intensitas penggunaan facebook dan twitter
·         Variabel terikat : intensitas belajar dan nilai prestasi
·         Variabel Kontron : situs jejaring social yang digunakan (facebook dan twitter)
Hasil penelitian
Menurut hasil penelitian minat belajar siswa menurun ketika dian menggunakan facebook dan twitter. Sehingga prestasi siswa di sekolah menurun.
Pengajuan hipotesis
Ada pengaruh penggunaan facebook dan twitter terhadap penurunan minat belajar siswa sehingga berdampak pada penurunan prestasi siswa di sekolah.

VII.   METODOLOGI PENELITIAN

Untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan, penyusun mempergunakan metode studi lapangan dengan menyebarkan angket kepada para siswa. Kami juga mencari bahan dan sumber-sumber dari media massa elektronik yang berjangkauan internasional yaitu internet.

Rancangan Penelitian
Dalam penelitian ini kami melakukan penelitian dengan metode Kuantitatif ( Menyebar Angket ) dan melakukan survey lapangan.

Populasi Sampel
  • Papulasi
Populasi merupakan sekumpulan orang atau objek yang memiliki kesamaan dalam satu atau beberapa hal dan yang membentuk masalah pokok dalam suatu riset khusus. Populasi yang akan di teliti haarus di definisikan dengan jelas sebelum penelitian dilakukan. Dalam penelitian ini, kami menggunakan populasi dari SMA Negeri 1 Sragen.
  • Sampel
            Sampel yaitu sebagian atau wakil dari populasi yang di teliti. Dalam penelitian ini kami menggunakan sampel yaitu siswa X MIPA 7 SMA N 1 Sragen.
  • Instrumen Penelitian
            Instrumen pengumpulan data adalah alat bantu yang di pilih dan digunakan oleh peneliti dalam kegiatannya mengumpulkan agar kegiatan tersebut menjadi sistematis dan dipermudah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrument atau alat-alat penelitian :
  1. Kertas
  2. Pensil/pulpen
  3. Penggaris
  4. Penghapus/ tipeX
·         Pengumpulan Data
Didalam pengumpulan data ini penulis akan menggunakan beberapa metode yang tentunya akan dapat menyelesaikan pengambilan data-data dari obyek-obyek penelitian.

VIII.    KEPIMPULAN DAN SARAN
  1. Kesimpulan
      Remaja pada zaman sekarang masih berpikiran terlalu sempit akan kegunaan teknologi modern sekarang ini. Mereka masih menganggap adanya facebook dan twitter hanya sebagai hiburan semata. Sehingga situs maya ini dianggap sebagai salah satu sumber dari adanya perilaku menyimpang pada remaja.
            Banyak dampak negatif yang ditimbulkan dengan adanya facebook dan twitter. Seperti kasus  penculikan, pemerkosaan, jual beli manusia, pelecehan seksual dll. Itu semua dapat terjadi karena ada kesempatan melalui facebookdan twitter. Seorang remaja merasa senang ketika mereka mempunyai teman baru, apalagi lewat facebook dan twitter. Mungkin akan lebih merasa bergengsi namun tidak tahu orang seperti apa yang dikenalnya. Banyak kasus-kasus seperti diatas yang terjadi di Indonesia.
            Penyebab kecanduan facebook dan twitter dikarenakan seorang remaja merasa puas ketika apa yang ada dalam hatinya tersampaikan atau dapat diketahui oleh orang lain. Sehingga remaja merasa ada yang memperhatikan. Selain itu waktu luang seorang remaja yang banyak terbuang sia-sia dan mereka memilih untuk mencari teman seanyak-banyaknya tanpa memandang sisi negatifnya. Lingkungan  yang familiar akan facebook dan twitter juga memungkinkan remaja mengakses situs internet, setidaknya hanya coba-coba.
            Adapun usaha untuk remaja yang telah kecanduan facebook dan twitter berawal dari orang terdekatnya. Karena remaja merasa yakin akan kebenaran yang dilakukan oleh orang yang ia percaya kemudian menirunya. Usaha untuk mencegah kecanduan facebook dan twitter bagi remaja juga berasal dari orang tua atau keluarga. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa keadaan psikologis remaja dibentuk dari keluarganya. Sebuah keluarga yang broken home akan menarik remaja untuk melakukan penyimpangan sosial karena mereka merasa ingin diperhatikan. Mereka tidak mempunyai wadah untuk berbagi cerita dalam hal ini keluarga, maka fecebook dan twitterlah pelariannya. Dalam hal ini pemerintah juga seharusnya ikut andil menangani permasalahan yang bermunculan karena adanya situs maya jejaring sosial facebook dan twitter.
            Dengan tersusunnya rancangan penelitian ini semoga dapat mengurangi tingkat kerugian yang disebabkan penyalahgunaan situs maya jejaring sosial facebook dan twitter.

  1. Saran
       Karena banyaknya kasus-kasus penyimpangan remaja terutama dengan adanya situs maya jejaring sosial facebook dan twitter, maka orang tua hendaknya lebih mewaspadai pergaulan buah hatinya. Kita sebagai insan yang hidup di zaman modern setiadaknya mengetahui teknologi yang bermunculan sekarang ini. Baik keunggulan maupun kelemahan teknologi tersebut, sehingga denga munculnya teknologi tersebut dapat mengembangkan pemikiran ke arah progresif dan dapat membawa perubahan (agent of change).
            Akhir kata, semoga rancangan penelitian ini dapat bermanfaat bagi kita pengguna situs maya jejaring sosial facebook dan twitter.





IX.       DAFTAR PUSTAKA
file:///J:/Semuanya%20karena%20Cinta%20%20%29%20%20KARYA%20ILMIAH%20DAMPAK%20JEJARING%20SOSIAL%20FACEBOOK%20DAN%20TWITTER.htm
file:///J:/CONTOH%20MAKALAH%20PENGARUH%20INTERNET%20BAGI%20REMAJA%20DAN%20ANAK-ANAK.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter




2 komentar:

  1. Hei! Jalan-jalan balik :) Menurutku, selama facebook dan twitter digunakan sebagai source ilmu pengetahuan, orang tua bisa menunjukan penggunaan sos-med lebih dari tempat mencari "likes" tapi tempat berbagi hidup dan berinteraksi dengan sehat. Sekarang jamannya self-discipline and self-awareness sih. Heheee

    BalasHapus
  2. Makasih kak Jo sudah mau mampir ke blog saya, hehe
    Iya sih kak, terimakasih pendapatnya. Belum kepikiran sampai situ lo saya :)

    BalasHapus

Ayo diskusi bareng, sebisa mungkin akan kubalas kok :)