Kamis, 13 Desember 2018

Cara Mudah Penomoran Halaman Skripsi


Pernah bingung saat ngerjain skripsi, karya tulis ilmiah, atau karya tulis lainnya menganai penomoran halaman dengan nomor yang berbeda? Berarti kita sama hehe *tos duluu*
Saya kemarin sempat merasa kebingungan karena saat itu pertama kalinya saya diminta membuat suatu karya tulis ilmiah berupa laporan akhir penelitian saya di suatu daerah tentang batuannya *maaf curcol dikit ya wkwk*
Kebingungan saya ini ada pada penomoran halamannya. Saya dulu pernah juga mengaami masalah yang sama, tapi dulu saya membuat nomor halamannya saya manual tulisi satu-satu. Karena sekarang ingin lebih menggunakan asilitas yang disediakan oleh Microsoft word itu sendiri jadilah saya memberanikan diri untuk mencoba menggunakan menu page number pada Microsoft word ini.

Langsung saja ya, salah satu contoh penomoran pada halaman yang berbeda adalah pada halaman DAFTAR ISI dan BAB I PENDAHULUAN. Pada halaman DAFTAR ISI nomor halaman tertulis “I” sedangkan pada halaman BAB I PENDAHULUAN nomor halaman tertulis “1”.

Lalu bagaimana cara membuat page number yang berbeda tersebut?

Langkah pertama, pilih menu insert > page number > pilih letak nomor halaman yang diinginkan (bisa dipilih top of page/ bottom of page/ page of margins), pilih sesuka kalian.

gb. 1
 Kemudian, pilih penomoran halaman pertama (DAFTAR ISI) dengan cara pilih insert > format page number (gb.2) > pilih penomoran yang diinginkan (gb. 3)

gb. 2
gb 3.
Selanjutnya, untuk memisahkan format penomoran dari halaman DAFTAR ISI dan BAB I bisa dilakukan dengan cara Layout > Breaks > Next Page.
gb 4
Selanjutnya, double klik pada header dan atur agar header/ footer dari halaman BAB I tidak terhubung dengan halaman sebelumnya. Caranya pilih Design > nonaktifkan link to previous. Dengan demikian, secara otomatis kedua halaman ini akan terpisan format penomoran halamannya dan tidak akan saling mempengaruhi apabila dilakukan perubahan di salah satu halamannya.


Selanjutnya, untuk mengganti nomor halaman pada BAB I lakukan cara yang sama seperti penomoran halaman biasanya, pilih menu insert > page number > format page number (gb. 2) > pilih penomoran yang diinginkan. (Gb. 3)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo diskusi bareng, sebisa mungkin akan kubalas kok :)