Minggu, 13 Mei 2018

Hal Besar yang Dianggap Kecil

Sampah kadang timbul dan kadang tenggelam dalam lautan berwarna biru muda. Tergantung pada jenis angin yang berlari menyentuh permukaan lautan yang rentan digoyang hujan, angin, bahkan badai. 
Terkadang dilain hal, lautan dilintasi oleh burung-burung (entah apa namanya aku tidak tahu). Yang sedang asyik-asyiknya terbang kesana-kemari di langit bebas serta seakan menertawai si sampah yang dengan semua daya yang ia miliki, ia akan tetap terombang-ambing oleh segala hal yang umumnya berada di laut. Tidak seperti burung yang dapat terbang bebas kemanapun ia kehendaki. 
Ada beberapa hal milik burung yang tidak dimiliki sampah. Burung punya kehidupan sehingga ia punya daya untuk memberontak saat dirinya terikat oleh sesuatu yang tidak diinginkannya dan terpaksa harus ia ikuti sedangkan sampah tidak hidup sehingga tidak punya daya untuk melakukan pemberontakan.  
Kemudian, burung punya perasaan sedangkan sampah tidak. Disini sampah hanya menunggu apakah akan ada burung yang mau mengambil dirinya dan membawanya pergi sebagai bahan untuk membuat sangkar?  
Atau akan adakah burung yang cukup memiliki perasaan untuk terbang beriringan dengan si sampah sampai sampah mencapai tempat yang entah dimana (jauh dari perkiraan untuk ukuran seekor burung)? 
Atau, akan ada berapa burung yang mau memperhatikan sampah (yang dianggap tidak berguna) yang terapung, terombang-ambing serta tergoyan dipermukaan laut?
Semoga burung-burung itu cukup mengerti apakah arti dan kegunaan sampah, sehingga ia berkenan melakukan hal-hal seperti tadi.

(Repost from tumblr; kkaar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo diskusi bareng, sebisa mungkin akan kubalas kok :)