Kamis, 25 Januari 2018

Aplikasi Untuk Mengubah Format Koordinat ke UTM

Masih banyak orang baik itu mahasiswa teknik maupun geografi yang dalam kuliahnya menggunakan koordinat, masih bingung dalam mengubah format koordinat (salah satunya adalah saya wkwk)

Sedikit cerita, awalnya saya mendapat tugas praktikum prinsip stratigrafi dimana kami (praktikan) ditugasi untuk melakukan MS (Measured Section) mandiri di daerah yang telah disepakati oleh kelompok masing-masing. Nah, saat sedang nge-MS saya baru ingat kalau saya belum menginstal GPS yang biasa saya gunakan untuk pemetaan wkwk.
Panik banget! Disaat masih pusing-pusing nge-MS tiba-tiba inget itu! buru-burulah saya menginstal aplikasi GPS Essential yang biasa saya gunakan saat pemetaan. Terus, karena buru-buru sebelum hujan (saat itu saya berangkat ke kavling udah jam 16.00 WIB dan saya balik jam 17.00 WIB (lumayan lah 1 jam bisa nge-MS sambal screenshot-screenshot koordinat wkwk)

Udah jadi cerita awalnya gitu, karena saya hanya modal screenshot-screenshot koordinat aja, eh ternyata koordinatnya belum saya atur ke UTM jadi ya terpaksa mnge convert ke UTM. Sempet bingung juga, mau nge convert lewat apa, udah nyoba pake GMaps juga tapi tetep ndak bisa. (Kayaknya saya yang ndak bisa make nya wkwk)

Lanjut, jadilah akhirnya saya cari di Play Store dan akhirnya nemu aplikasi UTM Geo Map. Aplikasi ini bisa buat nyari hasil konversi koordinat juga. Mungkin bisa dicoba bagi yang masih bingung mau ngubah koordinat ke UTM.

Untuk caranya gimana, mohon maaf saya lupa ndak nge-screenshot soalnya lagi buru-buru juga dikejar deadline presentasi mematikan hahaa


Salam

Kenampakan GPS Essential


Kenampakan UTM Geo Map



Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo diskusi bareng, sebisa mungkin akan kubalas kok :)