Selasa, 08 Maret 2022

Perenungan Puspose Driven Life #2

 You are not an Accident

Kemarin kita belajar mengenai Allah yang memiliki tujuan spesifik dalam menciptakan kita dan alasan kita diciptakan adalah karena Allah menginginkan kita ada.

Hari ini, pemahaman kita tentang penciptaan diri kita lebih dipertajam lagi. Kita diciptakan bukan karena ketidaksengajaan Tuhan. Justru Tuhan sudah membuat master plan hidup kita sebelum dunia dijadikan. Ia merancang setiap detil hidup kita, dari lahir hingga meninggal. 

Satu hal yang membuat saya tertegun adalah saya menyadari bahwa Tuhan begitu mengasihi kita. Dia memilih kedua orang tua kita, supaya kita bisa lahir ke dunia. Dia menciptakan kita karena Dia mengasihi kita. Saya menyadari kalau Tuhan memilih ayah yang lain, maka saya tidak akan lahir di dunia. Yang lahir dari rahim ibu saya adalah anak yang lain dengan fisik, sifat dan karakter yang lain juga.

Saya teringat ketika awal masa SMA, ada satu persekutuan siswa dan disitu terjadi pemulihan kepahitan akan gambar diri. Waktu itu kami ditantang untuk mengungkapkan hal dalam diri yang belum bisa kami terima masing-masing. Ketika itu saya menjawab bahwa saya kesal akan penampilan saya, kulit saya cokelat dan rambut saya keriting (tipikal orang timur sekali). Saya berkata begitu karena sudah lelah diejek dan dikatai teman sekolah sejak SD-SMP. Saat itu saya bingung, kenapa saya selalu diejek orang karena penampilan saya? Apa yang salah? Sekarang saya bisa berkata, saya diejek karena berbeda dengan mayoritas orang di sekitar saya. Menjadi berbeda dan unik memang sulit, tapi bisa jadi halyang luar biasa. Banyak hal yang bisa disyukuri, orang-orang dapat dengan mudah mengenali saya hanya dengan melihat rambut keriting saya. Dan masih banyak lagi hal baik yang bisa disyukuri.

Inti dari perenungan ini adalah semua hal dalam hidup kita, baik penampilan fisik, keluarga, dan hal lainnya, Tuhan ciptakan dengan sengaja dan penuh perencanaan karena begitu besar kasih Tuhan kepada kita. Tuhan menjadikan kita sebagai ciptaan paling mulia diantara semua ciptaanNya dan kita tidak bisa lepas dari eksistensi Tuhan, pencipta kita. Terus terhubung dengan Dia adalah cara untuk menjaga kemuliaan dan kehormatan manusia. Tanpa adanya hubungan tersebut, manusia akan kehilangan kemuliaan sekaligus kehormatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo diskusi bareng, sebisa mungkin akan kubalas kok :)