Sabtu, 18 April 2020

5 Hal yang Bisa Disyukuri dari Stay at Home



Di tengah pandemi ini, seakan kita diingatkan kembali untuk selalu mensyukuri setiap hal yang kita miliki sekarang.
“Bagaimana bisa bersyukur dengan kondisi seperti saat ini?” tanya seorang teman padaku.
Benar juga pertanyaan temanku itu. Dengan kondisi seperti ini sulit untuk menumbuhkan rasa syukur dalam hati. Perut selalu meronta untuk dipenuhi rasa laparnya, hati butuh diperhatikan karena terlalu lama menahan rindu. Pikiran tak henti-hentinya menampilkan rasa sesak karena uang di dompet yang semakin menipis. Bagaimana aku bisa bertahan hidup? Bagaimana aku bisa hidup penuh rasa syukur?

Sulit untuk bersyukur, memang.

Tapi justru disinilah hati kita diuji, mental kita ditempa oleh keadaan yang sulit ini.
Kita ndak pernah tahu kapan pandemi ini berakhir. Satu-satunya yang kita tahu adalah kita hidup saat ini, kita perlu untuk bertahan hidup. Salah satu caranya adalah bersyukur dan ikhlas.
Sebenarnya dalam kondisi seperti ini ada banyak hal yang masih bisa kita syukuri.

Punya kesempatan istirahat dari keramaian (Me-time)
Sadar atau tidak, manusia kadang perlu untuk menyendiri. Menyendiri yang dimaksud disini bertujuan untuk membangun kepercayaan diri kembali. Dengan menyendiri kita bisa lebih bisa memandang sesuatu secara jelas tanpa ada campur tangan dari orang lain. Kita bisa mulai merawat diri kita sendiri. makan makanan bergizi dan sehat. Berolahraga teratur. Ini patut untuk kita syukuri.

Punya kesempatan untuk introspeksi diri
Ayo kita sama-sama menghidupi hidup kita saat ini. memang benar, kondisi sedang tidak baik-baik saja. Tapi selalu ada yang bisa disyukuri atas semua yang terjadi. Percaya saja, Tuhan mengijinkan sesuatu terjadi dalam hidup kita pasti ada maksud dan tujuannya. (tulis skripsi pun ada maksud dan tujuannya kan, apalagi rencana hidup).

Aku ingin mengajakmu untuk melihat hidup kita kembali. Beberapa bulan lalu, apa saja yang sudah kita lakukan? Apakah itu baik? Apakah itu kurang baik? Kamu sendiri yang bisa menilainya J

Untuk hal-hal baik yang sudah dilakukan. Good job, you’ve done the good in your life for us. Pertahankan itu, tolong jaga semangatmu untuk berbuat kebaikan. Aku percaya kamu orang yang baik J

Untuk hal-hal kurang baik yang telah terjadi. Tidak apa-apa, semua orang pernah melakukan kesalahan. Ayo sama-sama introspeksi diri dan terus mengusahakan yang terbaik.

Punya waktu yang cukup untuk self growing
Tuhan menganugerahi kita waktu 1 x 24 jam itu untuk kita mengusahakan hidup kita. Dalam hal apapun itu, kita bisa mengusahakannya. Terlebih fokus pada pengembangan diri seperti membaca buku, mencoba resep masakan baru, mempelajari hal-hal baru. Mungkin saat ini kita belum mengerti, akankah kemampuan/pengetahuan itu berguna untuk kita sendiri atau tidak. Just wait and see. Bagiku belajar dan menambah pengetahuan itu tidak ada ruginya sama sekali.

Lebih hemat
Ditengah pandemi ini, kita diminta untuk tetak tinggal di rumah. Menjaga jarak dengan orang lain. Berperilaku hidup bersih dan sehat. Makan makanan yang bergizi. Sebagian besar warung makan mulai tutup. Hal ini mendorong kita untuk mengolah makanan kita sendiri. kita belanja kebutuhan pokok kita sendiri dan mengolahnya sendiri. membeli kebutuhan yang memang benar kita butuhkan. Dengan demikian, kita bisa lebih hemat dari biasanya (yang bisa saja jajan tiap hari, sering membeli barang-barang yang tidak esensial).

Quality time bersama keluarga
Biasanya mungkin kita terlalu fokus pada pekerjaan kita masing-masing sehingga kurang ngobrol dengan keluarga sendiri. padahal keluarga seharusnya menjadi tempat paling nyaman untuk bercerita dan berkeluh kesah. Dengan kondisi seperti ini, kita punya waktu lebih untuk membangun kembali relasi kita dengan anggota keluarga kita. Kita bisa ngobrol dengan topik apapun, bisa bermain games bersama, dan melakukan banyak hal bersama-sama.

mungkin masih banyak hal yang bisa kita syukuri saat ini. apapun itu, meskipun itu tidak tertulis disini. Aku berharap itu bisa jadi alasan kamu bersyukur hari ini J

jaga kesehatan teman-teman, stay safe. Jangan lupa untuk selalu tersenyum hari ini. semesta mendukungmu.

kata kunci: bersyukur, coronavirus, indonesia, stay at home

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo diskusi bareng, sebisa mungkin akan kubalas kok :)