Minggu, 10 Juni 2012

Cara Mudah Agar Bisa Konsentrasi Saat Belajar


Banyak orang ingin nilai ulangan atau nilai apalah menjadi baik, dan salah satu caranya adalah dengan berkonsentrasi, tanpa berkonsentrasi semua teori yang kita pelajari tidak bisa langsung diserap oleh otak kita, kalaupun diserap pasti hanya sedikit saja yang masih kita ingat.

Dan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara meningkatkan konsentrasi dengan baik, jika cara-cara ini dipelajari dengan sungguh-sungguh(tidak setengah-setengah) mungkin bisa membantu anda dalam meningkatkan nilai ulangan anda, berikut cara-caranya :
  1. Belajar, ya, Belajar!
    Konsentrasi akan lebih baik ketika kita fokus mengerjakan satu hal saja. Belajar, ya, Belajar, enggak sambil nonton tv atau main handphone. Apalagi sambil main facebook!
  2. Istirahat sejenak
    Biar enggak bosan, kita perlu waktu istirahat di sela-sela belajar, misalnya 5-10 menit setiap setengah jam. Dengan mengistirahatkan tubuh sejenak, mata dan pikiran pun sempat beristirahat.
  3. Bugar & Gembira
    Lelah? Lapar? Memang susah untuk berkonsentrasi! Kalau kondisi badan sehat dan fit, pelajaran akan lebih mudah masuk ke otak. oya, kamu juga harus belajar dengan suasana hati yang gembira. kalau sedang kesal atau marah, susah juga untuk berkonsentrasi. Pasti akan kepikiran terus.
  4. Nyaman & Tenang
    Kita akan lebih mudah berkonsentrasi kalau kondisi ruangan mendukung. Ruangan yang tenang serta cukup cahaya dan udara segar akan membuat kita merasa nyaman.
  5. Corat-Coret
    Beberapa anak lebih mudah berkonsentrasi ketika belajar sambil membuat corat-coret atau ringkasan. Apakah kamu juga begitu? Kalau membuat ringkasan, cukup tulis poin-poin penting yang bisa memancing ingatanmu, ya!
  6. Cintai Pelajaran
    Mempelajari sesuatu yang kita sukai, pastilah mempermudah konsentrasi. Makanya, sebelum belajar, cintailah pelajaranmu. Bagaimana kalau benar-benar tidak suka matematika? Eh, banyak lo, permainan matematika yang menyenangkan. Cobalah bermain dengan angka. Pasti lama-lama suka!
  7. Tipe Manakah Kamu?
    Setiap anak punya kemampuan berbeda untuk menangkap materi yang dipelajarinya. Ada yang lebih mudah menangkap pelajaran dengan mendengarkan (auditory), melihat (visual), atau menggerakan tubuh (kinesthetic). Kenalilah dirimu termasuk tipe yang mana. Lalu, belajarlah dengan cara yang paling membuatmu nyaman.
  8. Dibiwah ini ada contoh permainan yang mengasah konsentrasi kamu, pandang 3 titik dihidungnya selamat Kurang lebih 30 detik, kemudian lihat didinding atau dilantai yang datar dan berwarna putih, coba apa yang kamu lihat?


    • Nah, mungkin itu beberapa cara-cara untuk meningkatkan konsentrasi semoga berguna, selamat mencoba, dan sukses!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo diskusi bareng, sebisa mungkin akan kubalas kok :)